Air Terjun Lansilowo wawonii utara

Daftar lokasi tujuan objek wisata bisa dilihat pada gambar foto Air Terjun Lansilowo wawonii utara berikut dengan begitu kalian bisa memastikan kemana saja kalian hendak berwisata bersama keluarga maupun teman teman kalian. Di indonesia memiliki banyak objek wisata yang bisa kalian kunjungi dengan pilihan sesuai kebutuhan baik dari wisata pantai, pegunungan, pulau maupun objek rekreasi untuk anak anak.
Perjalanan
Sabtu, 26 april 2014. Pukul 09:30 wita, Kami berangkat menuju pelabuhan feri, menggunakan kapal transportasi wawonii yang menuju desa lansilowo. Sesuai jadwal keberangkatan kapal, tepat pukul 10.00 kapal berangkat meninggalkan pelabuhan. Jarak yang dilalui sejauh 63 KM dengan waktu tempuh 3 jam, kapal akan singgah transit ke desa sebelumnya untuk bongkar muat penumpang. Kalau kondisi cuaca tidak begitu baik, biasanya perjalanan bisa memakan waktu sampai 4 jam. Harga tiket penumpang Rp 50.000 untuk sekali jalan. Kapal ini juga bisa menampung maksimal sampai 60 orang.

Desa Lansilowo
Tiba di dermaga desa lansilowo pukul 13.10, kami langsung kerumah keluarga salah satu teman yang berangkat bersama. Beristirahat selama sejam, satu per satu kami berganti pakaian untuk ke sungai la silowo mandi sore dan makan kelapa muda, sebelum berangkat kami singgah makan siang di sebuah warung yang berada dekat dengan tempat tinggal kami. Pukul 15.30 sy dan yang lainnya menuju sungai tersebut yg jaraknya hanya 300 meter dari desa. Tiba disungai kami menjumpai warga dan anak anak kecil yang sedang mandi, kamipun langsung ikut bergabung menikmati hangatnya air sungai, sore itu air terlihat keruh disebabkan hujan deras pada siang harinya. Tak terasa sudah sejam lamanya kami berada disungai, dan kami putuskan untuk kembali kedesa karena waktu sudah menjelang magrib. Tiba dirumah, kami mandi bersih dan melakukan aktivitasnya masing masing. Pukul 19:15 wita kami makan malam bersama, sampai setelah makan dilanjutkan packing barang dan rapat kecil untuk agenda esok harinya. Pukul 23.00 satu per satu kami masuk ke kamar dan beristirahat.

Air terjun tumburano
Minggu, 27 april 2014. Pukul 06:00 bangun pagi dan melakukan aktifitas, mandi, packing, dan sarapan bersama. Pukul 08:10 kami meninggalkan rumah, berangkat menuju ke air terjun. Jalan yang akan dilalui sepanjang 7 KM, kondisi medan rata diketinggian 13 MDPL dan kondisi jalan sangat becek, waktu tempuh 2 jam dan melewati 3 potongan sungai. Pukul 10.20 tiba di air terjun, kami langsung menikmati suasana alamnya yang luar biasa indahnya. Tidak terasa hujan turun sangat deras, tapi kami tidak mau ketinggalan moment itu dan terus menikmatinya. Bebrapa teman mandi di bawah air terjun, sementara yang lainnya mencoba menuruni air terjun ke dua menggunakan tali dan alat2 penunjang lainnya, biasanya olahraga ini disebut canyoning yang sedang popular didunia adventure extreme. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 14.50, siang, karena perjalanan pulang masih sangat jauh, maka sebelum menjelang sore kami berkemas untuk kembali kekampung. Perjalanan yang sangat melelahkan, tapi semuanya telah terbayar dengan keindahan alam dan keramahan penduduk yang sangat antusias dengan kedatangan para wisatawan yang berkunjung ke kampung mereka. Pukul 17.15 tibalah kami dikampung, segera untuk mandi, chek list peralatan dan membersihkan semuanya kemudian beristirahat sejenak menunggu makan malam. Setelah makan malam bersama pukul 20:30 kami menyempatkan waktu untuk menikmati pantai belakang rumah. Pukul 22:15 kami kembali kerumah dan beristirahat.

Senin, 28 april 2014. Pagi pukul 06:00 kami bergegas bangun. Kapal yang menuju kendari jam 7 pagi sudah berangkat dari dermaga lansilowo. Setelah mandi dan packing barang kami sarapan bersama, kemudian ke dermaga dan pulang ke kendari.

Beberapa kelemahan air terjun ini adalah :
-       - Akses jalan sangat jauh, yang harus berjalan kaki sejauh 7 KM. sebaiknya pemerintah setempat memperhatikan akses jalan sehingga pengunjung tidak terlalu jauh untuk berjalan.
-          - Papan nama air terjun belum ada
-          - Fasilitas penting dipermandian belum ada.

Bagi anda yang ingin ke tempat ini beberapa tips dibawah ini bisa membantu dan mempermudah perjalanan anda nantinya :
1.       Pakai sepatu boot atau tracking (jalanan sangat becek)
2.       Jangan memakai sandal jepit
3.       Sebaiknya membawa flysheet (antisipasi hujan)
4.       Pakai tas yang berbahan water proof atau pakai plastic packing
5.       Jangan membawa barang2 yang berharga seperti emas dll, mitosnya jika membawa barang2 tersebut bisa hilang dengan sendirinya.